5 Tips Sehat Terbaik Untuk Mengubah Dan Memperbaiki Kondisi Kulit Anda

Tentu, Anda dapat mengeluarkan uang untuk perawatan krim dan spa (kita semua menyukainya) tetapi kondisi kulit yang baik dimulai dengan nutrisi yang tepat. Kulit manusia terus-menerus mengelupas dan digantikan oleh sel-sel kulit baru, yang berarti kita membutuhkan pasokan nutrisi yang stabil untuk memenuhi proses ini. Itulah mengapa pola makan seimbang memberikan hasil terbaik dan membuat kulit kita lembut, kenyal dan bebas noda dan berbagai kondisi.

Karena kulit mengalami siklus alami kematian dan kelahiran kembali, yang terbaik adalah mengambil pendekatan holistik untuk perawatan kulit. Ini berarti kita perlu merawat kulit kita dengan baik dan memberinya banyak nutrisi dan antioksidan yang akan memberi makan dan membuatnya tampak bercahaya. Banyak kondisi dari jerawat hingga psoriasis dan eksim dapat dicegah dan diobati dengan nutrisi berkualitas. Nah, jika ingin merasakan manfaatnya, berikut sedikit panduan yang akan membantu Anda menemukan resep terbaik untuk kesehatan kulit sebelum anda menemui dokter spesialis kulit

Bagaimana diet mempengaruhi kondisi kulit?

Masalah seperti jerawat sebagian besar disebabkan oleh peradangan dan infeksi kelenjar sebaceous yang menghasilkan lapisan berminyak pada kulit. Kelenjar ini dirangsang oleh berbagai hormon, khususnya androgen. Jadi, untuk menghindari berjerawat, pastikan untuk menghindari lemak jenuh dari makanan yang terlalu banyak diproses. Selain itu, memotong makanan yang penuh gula serta junk food akan memberikan hasil yang bagus pada kulit Anda.

Kondisi lain yang sering dipicu oleh makanan adalah eksim (biasanya diawali dengan bercak merah pada kulit yang sering muncul di tangan). Eksim dapat disebabkan oleh berbagai hal, tetapi seringkali makanan tertentu menjadi penyebab kondisi banyak orang. Paling umum, orang terlalu sensitif terhadap susu, telur, ikan, dan makanan yang mengandung aditif. Namun, makanan dengan vitamin E, seng, dan asam lemak omega-3 dapat mengurangi gejala dan membersihkan kulit.

Jadi, jika Anda ingin mengatasi kondisi kulit Anda dan memberi makan kulit Anda dengan benar, inilah yang harus Anda konsumsi setiap hari: chat dokter

Tingkatkan asupan vitamin C Anda

Salah satu antioksidan terbaik di alam adalah vitamin C. Meskipun kebanyakan orang menggunakannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga dapat meningkatkan kecerahan dan kulit bebas noda. Beberapa sumber vitamin C terbaik pasti blueberry, kiwi dan jeruk, tetapi Anda juga bisa makan brokoli dan ubi jalar jika Anda lebih suka makanan gurih. Vitamin C juga meningkatkan produksi kolagen yang meningkatkan kekuatan pembuluh darah yang mensuplai kulit.

Siapkan camilan sehat

Mendapatkan keripik kentang dan kue kering sangat mudah dan praktis, tetapi jika Anda ingin menjaga kulit tetap bersih, cobalah mengambil segenggam biji-bijian atau kacang-kacangan. Ini adalah beberapa camilan diet terbaik di pasaran dan pasti akan membuat Anda kenyang dengan mineral, vitamin, dan lemak omega-3 dan 6. Kacang-kacangan seperti macadamia dan almond juga mengandung vitamin E yang membantu mengurangi kekeringan kulit dan mengurangi sengatan matahari. Plus, kebanyakan kacang-kacangan dan snack bar diet dapat digunakan saat mengkonsumsi Paleo, Keto dan banyak diet lainnya.

Hindari produk susu

Keju memang enak, tetapi tidak terlalu bermanfaat bagi kulit Anda. Produk susu dapat meningkatkan peradangan di tubuh Anda yang dapat menyebabkan munculnya jerawat yang kuat. Jadi, jika Anda tahu Anda memiliki kulit sensitif dan cenderung sering berjerawat, cobalah sedikit eksperimen: jauhi produk susu dan lihat bagaimana reaksi kulit Anda. Jika sudah bersih, menghindari produk susu bisa menjadi solusi Anda untuk kesehatan kulit.

Makan beberapa lemak sehat

Lemak omega-3 dan omega-6 bagus untuk melawan peradangan dan menjauhkan kulit dari eksim dan psoriasis. Namun, karena senyawa ini tidak dapat dibuat oleh tubuh kita, satu-satunya cara untuk mendapatkannya adalah melalui pola makan yang tepat. Jadi, pastikan untuk makan beberapa ikan berlemak (jika Anda tidak alergi tentunya), biji rami, biji chia dan kenari.

Latih hidrasi yang baik

Agar tetap fleksibel dan montok, kulit Anda membutuhkan banyak kelembapan. Dehidrasi ringan pun dapat merusak warna kulit Anda dan menyebabkan kulit Anda terlihat keabu-abuan dan lelah. Jadi, pastikan untuk minum banyak air setiap hari (6 hingga 8 gelas) dan makan buah dan sayuran yang berair dan renyah. Ketika Anda menggabungkan kelembapan dan mineral yang dikandung bahan-bahan ini, tubuh Anda akan terhidrasi dengan baik dan cukup makan.